BAB I
GAMBARAN
UMUM SIM
A.DEFINISI
SISTEM
Definisi sistem dapat dilihat dari
dua pendekatan, yaitu pendekatan prosedur dan pendekatan komponen/elemen
•
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari
prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk
melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu
•
Prosedur adalah suatu urut-urutan yang tepat dari
tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan apa (what) yang harus dikerjakan,
siapa(who) yang mengerjakan, kapan(when) dikerjakan dan bagaimana (how)
mengerjakannya.
B.UNSUR-UNSUR
SISTEM INFORMASI SEDERHANA
Semua
sistem informasi mempunyai tiga kegiatan utama, yaitu menerima data sebagai
masukan (input), kemudian memprosesnya dengan melakukan penghitungan,
penggabungan unsur data, pemutakhiran dan lain-lain, akhirnya memperoleh
informasi sebagai keluarannya (output).
DATA :
fakta-fakta atau sesuatu yang dianggap (belum mempunyai arti)
INFORMASI : data
yang telah diproses atau data yang memiliki arti.
Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh
pengolah informasi. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer,
non-komputer atau kombinasi keduanya.
C.KARAKTERISTIK SISTEM
![](file:///C:/DOCUME%7E1/user/LOCALS%7E1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.jpg)
Sistem Memiliki
Komponen-komponen sebagai berikut :
•
Komponen-komponen
(component)
•
Batasan sistem
(boundary)
•
Lingkungan luar
sistem (environments)
•
Penghubung
(interface)
• Masukan (input)
• Keluaran (output)
• Pengolah(process)
• Sasaran (objective)/Tujuan (goal)
D. DEFINISI INFORMASI
Informasi
adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti
bagi yang menerimanya.
![](file:///C:/DOCUME%7E1/user/LOCALS%7E1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.jpg)
Gambar 2.
Siklus Informasi
E.DEFINISI SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi adalah suatu sistem didalam suatu
organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi,
bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan
pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.
F.SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem informasi yang menyediakan laporan-laporan
bagi pihak manajemen berdasarkan pemrosesan transaksi dan operasi-operasi yang
ada dalam
Organisasi.
Pengetahuan
tentang potensi kemampuan sistem informasi yang dikomputerisasi akan
memungkinkan seorang manajer secara sistematis menganalisis masing-masing tugas
organisasi dan menyesuaikannya dengan kemampuan komputer.
SIM
secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan
baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer
hanyalah mesin penjumlah atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya
komputer tidak dapat mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat.
Sistem informasi komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem
non komputer. Dan kemampuan ini telah merevolusikan proses manajemen yang
menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada. Beberapa
kemampuan teknis terpenting dalam sistem komputer :
- Pemrosesan data batch
- Pemrosesan data tunggal
- Pemrosesan on-line, real time
- Komunikasi data dan switching pesan
- Pemasukan data jarak jauh dan up date file
- Pencarian records dan analisis
- Pencarian file
- Algoritme dan model keputusan
- Otomatisasi kantor.
G.EVOLUSI
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
A. Fokus awal pada data
Selama paruh pertama abad 20, perusahaan pada umumnya mengabaikan
kebutuha n informasi para manajer. Pada fase ini penggunaan komputer hanya
terbatas pada aplikasi akuntansi.
Nama aplikasi akuntasnsi berbasis komputer pada awalnya adalah
pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Data prosesing (DP)
dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) .
B. Fokus baru pada informasi
Tahun 1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yang
mempengaruhi cara penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagai SIM
dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru tsb. Konsep
SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama
menghasilkan informasi manajemen. Konsep ini segera diterima oleh perusahaan
besar.
C. Fokus revisi pada pendukung keputusan.
Sistem pendukung keputusan (Decision support system)
= sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah
tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat
manajer.
Manajer tsb. Berada di bagian
manapun dalam organisasi pada tingkat manapun dan dalam area bisnis apapun. DSS
dimaksudkan untuk mendukung kerja satu manajer secara khusus.
Spesifikasi DSS :
- Berfokus pada proses keputusan daripada proses transaksi
- Dirancang dengan mudah, sederhana, dapat diterapkan dengan cepat dan mudah diubah.
- Dirancang dan dioperasikan oleh manajer
- Mampu memberikan informasi yang berguna bagi analisis kegiatan manajerial.
- Berkaitan dengan hanya bagian kecil dari masalah besar
- Memiliki logika yang serupa dengan cara manajer menganilis situasi yang sama.
- Memiliki basis data berisi informasi yang disarikan dari file dan informasi lain organisasi yang berasal dari lingkungan eksternal.
- Memungkinkan manajer untuk menguji hasil yang mungkin dari serangkaian alternatif.
D. Fokus pada Komunikasi
Pada waktu DSS berkembang , perhatian juga difokuskan pada otomatisasi
kantor (office automation/OA) OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan
produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat
elektronik.
OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak
jauh, voice mail, e-mail, electronik calendaring, facsimile transmission.
E. Fokus
potensial pada konsultasi
Komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang
sama seperti manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan (artificial
intelligence).
H.ALASAN PERLU DIBERIKAN PERHATIAN PADA
MANAJEMEN INFORMASI
1. Kompleksitas kegiatan bisnis meningkat
-
pengaruh ekonomi internasional
-
persaingan dunia
-
kompleksitas teknologi yang semakin meningkat
-
batas waktu yang singkat
-
kendala-kendala sosial
2. kemampuan komputer yang semakin baik
Pemakai semakin tahu
bagaimana ’mendayagunakan’ komputer untuk membantu pekerjaannya.
-
Keahlian manajemen
Seorang manajer
yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar:
keahlian komunikasi dan keahlian pemecahan masalah.
-
Manajer dan Sistem
Hubungan SIM dengan disiplin ilmu
lain
•
Akuntansi
manajemen
•
Riset
operasional
•
Manajemen
dan organisasi
•
Pengetahuan computer
Kemampuan utama sistem informasi (Turban, McLean, Wetherbe,
1999) :
•
komputasi numerik, bervolume besar, cepat
•
komunikasi murah, akurat dan cepat
•
Menyimpan informasi dalam jumlah yg sangat besar dalam
ruang yg kecil tetapi mudah diakses
•
pengaksesan informasi yg sangat banyak diseluruh dunia
dengan cepat dan murah
•
Meningkatkan efektifitas dan efisiensi
•
Menyajikan informasi dengan jelas
•
Mengotomasikan proses-proses bisnis
•
Mempercepat pengetikan dan penyuntingan
•
Pembiayaan yang jauh lebih murah
Kemampuan sistem informasi mendukung sasaran bisnis :
•
Peningkatan produktifitas
•
Pengurangan biaya
•
Peningkatan pengambilan keputusan
•
Peningkatan layanan ke pelanggan
•
Pengembangan
aplikasi-aplikasi strategis yang baru
Siapa saja stakeholders dalam SI?
•
Pemilik sistem (system owners)
•
Pemakai
sistem (system users): internal & eksternal
•
Perancang sistem (system designers)
•
Pembangun sistem (system builders)
•
Analis sistem & manajer proyek (system analysts
and project managers
Mengapa Perlu Mengembangkan SI?
•
Adanya Permasalahan (problems)
•
Ketidakberesan dalam Sistem Pertumbuhan Organisasi
•
Untuk Meraih kesempatan-kesempatan
•
(opportunities)
•
Adanya instruksi-instruksi (directives)
Bagaimana cara mengembangkan SI?
![](file:///C:/DOCUME%7E1/user/LOCALS%7E1/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg)
|
0 komentar:
Posting Komentar