Senin, 14 November 2011

bab I M.Strategik dr power point

BAB 1
PENGANTAR EKONOMI STRATEGI
          Menjelaskan manfaat belajar strategi
          Menjelaskan manfaat belajar ekonomika
          Menguraikan berbagai hal mengenai globalisasi dan tantangan manajemen stratejik
          Menjelaskan defiisi manajemen stratejik
          Mendeskripsikan peranan manajemen stakeholders

MENGAPA MEMPELAJARI STRATEGI:
Definisi dan Alasan
          Strategi berkaitan dengan keputusan “besar” yang dihadapi organisasi dalam melakukan bisnis, berkaitan dengan perilaku yang konsisten, dan seharusnya mampu menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan
          Strategi sangat penting untuk menentukan kesuksesan organisasi, sehingga inilah yang menjadi alasan mengapa mempelajari strategi menjadi amat bermanfaat dan menjanjikan
MENGAPA MEMPELAJARI STRATEGI:
Manfaat Manajemen Stratejik
          Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencegah masalah
          Dapat ditarik dari berbagai alternatif yang terbaik
          Dilibatkannya karyawan dalam formulasi strategi pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi mereka
          Penolakan atas perubahan dapat dikurangi
MENGAPA MEMPELAJARI EKONOMIKA:
Manfaat dan Model Ekonomika
          Dalam menganalisis pengambilan keputusan, baik yang dilakukan perorangan maupun organisasional, analisis ekonomika dapat digunakan untuk mengetahui elemen kunci dari proses yang dijalaninya
          Hal-hal yang harus diidentifikasi oleh model ekonomika, yaitu: pembuat keputusan, tujuan, pilihan, serta hubungan antara pilihan dan hasil
GLOBALISASI:
Dua Faktor Penyebab Globalisasi
          Adanya dorongan investasi yang dimulai dari Marshall Plan
          GATT (General Agreement on Tariffs and Trade) merupakan penarik utama di sisi permintaan (demand pull)
GLOBALISASI:
Kecenderungan yang Mendukung Globalisasi
          Aliran dana dan modal semakin mudah menembus batas negara
          Investor asing semakin giat membeli dan menjual aset finansial dan riil
          Institusi keuangan asing semakin gencar menembus pusat keuangan dunia dan regional
          Banyak perusahaan mencatatkan dan menawarkan sahamnya di pasar modal internasional
          Liberalisasi dan deregulasi sektor finansial
GLOBALISASI:
Dimensi Globalisasi
          Terjadinya pergeseran kekuatan ekonomi global memunculkan tiga megamarkets ekonomi dunia, yaitu MEE, Amerika Utara, dan Asia Timur & Tenggara
          Globalisasi investasi mendorong tumbuh dan menyebarnya perusahaan transnasional (TNC)
MANAJEMEN STRATEJIK:
Definisi
          Manajemen stratejik terdiri dari analisis, keputusan, dan aksi yang diambil organisasi untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif
MANAJEMEN STRATEJIK:
Atribut Kunci
          Mengarahkan organisasi dalam mencapai tujuan dan sasarannya
          Melibatkan semua stakeholders dalam pengambilan keputusan
          Membutuhkan penggabungan perspektif jangka pendek dan jangka panjang
          Menyadari trade-off antara efisiensi dan efektivitas
MANAJEMEN STAKEHOLDERS:
Dua Cara Melihat Peranan Manajemen
          “zero sum” à peranan manajemen adalah untuk melihat stakeholder berebut untuk mendapatkan perhatian dan sumber daya organisasi
          Simbiosis antar stakeholder à manajer mengakui adanya saling ketergantungan antara para karyawan, pemasok, konsumen, pemegang saham, dan masyarakat pada umumya

MANAJEMEN STAKEHOLDERS:
Tahapan Analisis
          Memetakan hubungan antar stakeholder
          Memetakan koalisi stakeholder
          Mengidentifikasi kepentingan masing-masing stakeholder
          Mengidentifikasi kekuatan masing-masing stakeholder
          Menyusun matriks prioritas stakeholder
          Dan memantau kemungkinan pergeseran koalisi

0 komentar:

Posting Komentar